Blogger Widgets Assalamu'alaykum, Willkommen, 안녕하세요, Selamat datang di Blog Desy!

Total Pageviews

Thursday, June 18, 2015

Saya Bukan Bang Thoyib

Bingung, mau kasih judul apa. Tapi memang benar sih, dah saya mah bukan bang Thoyib, bukan juga mbak Thoyibah. #apadahgajelas #abaikan
Maksud dari pernyataan di atas, finally, puasa tahun ini saya berada di Indonesia, di Jakarta. Setelah dua tahun lamanya merasakan puasa di negara lain. Kan kayak lagu Bang Thoyib tuh, tapi dia mah tiga kali puasa tiga kali lebaran nggak pulang-pulang. Masih mending saya, cuma dua kali puasa dan lebaran, hehehe. 

Di Eropa, tepatnya di Jerman, saya menahan lapar dan haus hampir kurang lebih 19 jam. Lama, kan? Beda banget, pasti. Tapi anehnya kok giliran sudah berada di Indonesia, malah mau balik lagi merasakan puasa di sana. Dua tahun yang lalu, tepatnya tahun pertama meninggalkan Indonesia, puasa dilaksanakan di Jerman. Saya harus bangun sahur pukul setengah tiga pagi. Karena subuh sudah hadir pada jam tiga. Dan harus sabar menunggu waktu magrib yang sangat telat jika dibandingkan di Indonesia. Waktu magrib baru tiba pukul 21.00 malam. Hmmm, coba bayangkan dulu yang belum merasakan.

www.punyasaya.co

Belum lagi waktu Isya bisa sampai pukul 23.00 malam. Bayangin lagi deh, itu tarawihnya sampai jam berapa, kan. Di negara yang muslimnya terhitung minoritas, ditambah saya tinggal di kota kecil. Jangan berharap bisa jamaah sholat Isya dan tarawih di masjid layaknya di Indonesia. Masjid di kota tinggal saya, masjid itu di dalam apartemen, tak ada kubah di luar seperti masjid kebanyakan di Indonesia. Jika masuk ke dalam apartemen, baru kita tahu kalau ternyata dalamnya masjid.

Saya lebih memilih sholat tarawih di rumah. Karena di sini memang kebanyakan yang sholat jamaah di masjid hanya untuk laki-laki. Di samping itu, karena waktu sholat yang sudah larut malam, bis yang mengantarkan saya ke pusat kota sudah tidak beroperasi pada jam tersebut. Kalau harus jalan kaki? Wah, bisa-bisa saya sampai rumah pukul dua dini hari.

Setelah sholat Isya dan tarawih secara munfarid atau sendiri, saya langsung tidur. Waktu tidur saya selama Ramadhan di Jerman menjadi sangat amat singkat. Hanya dua sampai tiga jam. Tak lebih. Coba saja hitung, misalnya selesai sholat tarawih jam 12 malam. Lalu tidur hingga pukul setengah tiga pagi. Bahkan hanya dua setengah jam. Berikutnya makan sahur dan tak terasa sudah waktu subuh. Setelah beribadah, mungkin sekitar jam setengah 5 matahari pun mulai menyapa. Jika rasa lelah dan kantuk sangat terasa, sebelum menjalankan tugas saya sempatkan istirahat sekitar satu jam.

Tapi puasa saat summer di Jerman, walaupun lama sekali waktu berbukanya, jujur, saya sangat menikmatinya. Siangnya saya sangat aktif main bersama adik asuh saya, karena memang adik asuh saya maunya lari-larian, atau suka banget siang-siang main di spielplatz (taman bermain). Alhamdulillah saya kuat-kuat aja puasanya. Bahkan tak terasa tiba-tiba sudah mau jam 8 malam. Ya, itu karena hari-harinya sering main sama adik asuh yang aktif. 

Bonusnya puasa di Jerman dua tahun lalu, nggak disangka berat badan turun banget. Waktu sahur yang sempit serta waktu buka yang teramat jauh (sudah terlalu malam) membuat sedikit rasa malas untuk makan. Paling saya banyakin makan buah dan minum air. Porsi berat badan pun mungkin jadi menurun. Padahal memang nggak niat nurunin berat badan. Hehehe

Bedanya, pas waktu puasa di Jerman, kalau siang-siang jam satu gitu salah banget deh buka media sosial. Isinya semua update status buka puasa. Makanan dan minuman berbuka ala orang Indonesia di upload, soalnya emang di Indonesia sudah waktunya berbuka. Lah, saya? Cuma bisa bilang, sabar, sabar, masih 9 bahkan 10 jam lagi untuk menyelesaikan puasa dalam satu hari penuh. Trus kangen banget sama suasana buka puasa rame-rame kumpul satu keluarga. Sama hidangan buka puasa yang super duper banyak macamnya. 

Coba kalau di Jerman? Udah puasa sendiri, sahur dan buka sendiri, makanannya yang ada aja di rumah. Gorengan, es buah mah jangan ngarep ada. Kecuali emang niat bikin! Nggak ada tuh, tukang sop buah, gorengan, es kelapa, kolak yang mangkal di simpang jalan. Lah, boro-boro! 
Semuanya harus usaha, alias buat sendiri, baru bisa menikmati hidangan berbuka puasa layaknya di Indonesia. Kasian banget, kan.

Yang dikangenin pas ngerasain puasa di Jerman, sholat itu tadi yang jamaah di masjid. Mau nggak mau, sholat kudu sendirian. Azan magrib, isya yang menggema di seantero kampung, nggak akan didengar pas di Jerman. Buka puasa bareng temen-temen di Indonesia bakalan tergantikan sama buka puasa bersama dengan orang-orang baru asli Indonesia tapi menetap di Jerman. Alhamdulillah, jadi punya kenalan baru. Tapi kalau ada acara bukber gitu, mau nggak mau kalau saya harus nginep. Perjalanan jauh banget dari kota kecil di mana saya tinggal dengan kota besar yang banyak komunitas orang Indonesianya.

Sekarang, saya sudah merasakan kembali indahnya berpuasa di Indonesia. Hanya saat ini masih amat terasa, bagaimana dua tahun lalu saya berjuang berpuasa di negeri lain yang waktunya bahkan lebih lama. Beruntunglah kita, umat muslim yang tinggal di Indonesia. Berpuasa satu bulan lamanya dan satu harinya hanya menahan selama kurang lebih 13 jam saja. Bahkan harus sangat-sangat bersyukur dengan segala keadaan kita yang berkecukupan. Cukup karena masih bisa makan berbuka dengan menu yang banyak lagi bermacam-macam. 

Namun, bagaimana umat muslim di belahan dunia yang lain? Berpuasa selama satu bulan dan satu hari harus menahan nafsunya hampir 19 jam itu di Jerman atau beberapa negara lain di Eropa. Bagaimana di Iceland, Rusia yang matahari terbenam cukup lama? Bahkan waktu Isya dan Subuh pun sangat berdekatan jaraknya. Belum lagi mereka yang sudah berpuasa lama, lalu harus merasakan Ramadhan bersama peperangan. Di negara konflik Timur Tengah misalnya, berbuka pun mungkin sudah tak dihiraukannya, mana mungkin bisa berpikir akan berbuka dengan makan atau minum apa. 

Bersyukurlah kita, umat muslim yang berada di Indonesia. Jangan sia-siakan hari demi hari Ramadhan kita. Kita tak pernah tahu, tahun berikutnya masih akan berjumpa lagi atau tidak dengan Ramadhan. Maksimalkan ibadah Ramadhan kali ini, seakan-akan Ramadhan ini adalah Ramadhan terakhir bagi kita. Semangat!!!

#reminderformyself

#NulisRandom2015
#Day18

No comments:

Post a Comment