Blogger Widgets Assalamu'alaykum, Willkommen, 안녕하세요, Selamat datang di Blog Desy!

Total Pageviews

Thursday, June 4, 2015

FF - Kasih Putih

www.desyhause.blogspot.com
Salju tebal di Gmunden, Austria. doc.pribadi
Kasih Putih

Oleh: Desy Alfiana


“Ma, Ilona pergi dulu ya!”

“Ilona, hari ini sangat dingin, sebaiknya kamu tidak keluar dulu,” Frau Schlugel kali ini tak mengizinkan anaknya untuk pergi.

“Maaf, Ma. Ilona harus pergi.”

“Tetapi Ilona...”

Tschüß!” Ilona langsung bergegas keluar rumah tanpa menghiraukan kata-kata ibunya.

Kabut tebal menyelimuti pagi ini dengan suhu minus dua derajat. Entah apa yang Ilona lakukan, dia harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak ditemani anjing kesayangannya. Sudah seminggu ini dia melakukan hal yang sama, selalu menyusuri jalan, melewati bukit untuk menuju satu tujuan.
Frau Schlugel tahu, Ilona suka membawa anjingnya sekedar jalan-jalan menghirup udara segar pagi hampir setiap hari. Apalagi saat musim liburan seperti ini. Ilona selalu memanfaatkan waktunya bermain dengan Ahjuna, anjing hitam nan lincah itu.

Frau Schlugel curiga, karena Ilona kembali ke rumah saat hari menjelang siang. Biasanya membawa pergi Ahjuna hanya satu jam sudah cukup. Tapi apa yang ia lakukan selama itu?

Perjalanan yang panjang serta berliku-liku tidak membuat semangat Ilona luntur. Sampailah ia di depan sebuah pintu rumah, segera ia ketuk pintunya dan Ahjuna pun ikut menggonggong tanda memberi salam, “Hallo, ini Ilona dan Ahjuna.”

“Ilona, Ahjuna. Silahkan masuk,” terdengar jawaban dari dalam rumah.

“Hallo, apa kabar kakek? Bagaimana dengan nenek? Apakah kondisi nenek sudah membaik,” tanya Ilona dengan polosnya.

“Kakek baik, nenek sudah lebih baik sekarang, kakek dan nenek senang ada seorang anak berhati mulia sepertimu, Ilona.”

“Mari nek, Ilona suapkan bubur ini untuk nenek.”

Frau Schlugel tak kuasa melihat fenomena tersebut, ternyata anaknya berhati putih seperti salju. Awalnya Frau Schlugel ingin memarahi Ilona karena tak mendengarkan kata-katanya. Hanya kali ini dia bangga memiliki seorang Ilona, gadis cilik penderita sakit kronik tetapi masih bisa tersenyum di depan seorang nenek tua yang juga sakit parah.

Tschüß : ucapan selamat tinggal dalam bahasa Jerman, seperti Bye dalam bahasa Inggris
Frau Schlugel : Frau sebutan untuk wanita yang sudah menikah dan Schlugel adalah nama keluarga.

Sebenarnya Flash Fiction ini pernah dibedah di salah satu grup kepenulisan. Waktu itu iseng buat FF. Jujur, saya belum bisa buat FF. Terkadang masih kurang bumbu dan jika menulis FF cerita benar-benar dibuat menggantung dan sangat singkat.

Sakit yang dialami Ilona membuatnya semangat untuk hidup. Untuk itu Ilona terus berbuat baik untuk orang-orang di sekitarnya. Ini hal kecil yang terlihat sepele, namun mengajarkan kita bahwa dalam kondisi apa pun, bahkan sakit sekalipun, berbuat baik kepada siapa pun memang sangat dianjurkan. Sebaik-baik manusia ialah yang bermanfaat bagi orang lain. 

#NulisRandom2015
#Day4 

No comments:

Post a Comment