Blogger Widgets Assalamu'alaykum, Willkommen, 안녕하세요, Selamat datang di Blog Desy!

Total Pageviews

Friday, June 19, 2015

Jodoh Pasti Bertamu

mhmgatsu.abatasa.co.id

Seperti lagu Afgan, "Jodoh Pasti Bertemu" itu memang benar adanya. Kehadirannya tak bisa ditebak. Setiap dari kita memiliki jalannya masing-masing, termasuk rejeki dan tentunya jodoh. Baru-baru ini saya sering mendengar kisah cinta yang membuat saya terpukau mendengarnya. Tentang jodoh salah satunya. Saya tak henti-hentinya bergumam, Masya Allah. Begitulah jika Allah membuat sebuah perjalanan yang indah. Allah telah memiliki jalan cerita untuk hidup kita dengan ending yang terbaik. Insya Allah jika kita pun beriman serta ikhlas menjalani sesuatu dalam mengharap ridhoNya.

Seorang teman, sebut saja Nona sudah memiliki keinginan yang mendalam untuk menyempurnakan diennya. Betapa tidak ingin, karena adiknya telah lebih dulu menikah di usianya yang masih cukup muda. Tapi hati Nona sangat baik lagi lembut, dia ikhlas merelakan adiknya lebih dulu untuk menikah. Jalan yang Allah gariskan ternyata sangat berliku-liku. Saat adiknya menikah, dia masih menjalani masa-masa berpacaran dengan laki-laki yang dikenalnya sewaktu SMA.

Menjalin hubungan selama kurang lebih 7 tahun bersama sang pria, awalnya membuat yakin pada diri Nona bahwa pacarnya tersebut nantinya akan melamarnya sebagai seorang istri. Pengenalan diri serta sudah sangat mengetahui luar dalam pribadi masing-masing membuat orang lain menyangka mereka akan berjodoh. Sang adik juga yakin, kakaknya tidak lama lagi akan menyusul dirinya. Walaupun Nona ikhlas, ada perasaan tak nyaman di dalam diri sang adik, karena sudah mendahuluinya menikah.

Lalu Nona dan pacarnya pada akhirnya menikah? 
Sayang sekali, itu tidak terjadi. Why?

Sang lelaki pergi meninggalkan Nona yang telah lama menanti serta berharap penuh bahwa prianya itu akan segera melamarnya. Tapi kenyataannya, lelaki itu pergi tanpa alasan yang jelas. Nona tak mendesak prianya untuk segera menikahinya, Nona tetap sabar jikalau prianya belum siap menikah saat itu. Namun sang lelaki meninggalkan luka di hati Nona. Pergi dan tak tahu apakah akan kembali lagi atau tidak.

Jika waktu bisa diputar kembali, rasanya Nona tak ingin mengenal laki-laki yang dulu bersamanya menjadi pacarnya itu. Tapi kehendak Allah memang berkata lain. Nona dan prianya tak berjodoh. Terlihat kan, pacaran bukan cara tepat untuk perkenalan satu sama lain. Buktinya jika memang tak berjodoh, pacaran pun bisa putus. Pacaran tak selamanya berujung pada pernikahan. 

6 tahun berlalu setelah putus dari pria dahulu yang menjadi pacarnya. Sang adik sudah memiliki anak. Usia Nona semakin bertambah, pasti. Tapi dia yakin, kalau jodoh sudah Allah tentukan, hingga kehadirannya pun menjadi penantian. Yup, jodoh pasti akan bertamu. Bertamu ke rumah dengan segenap keberanian melamar sang wanita untuk dinikahinya. 

gambaranehunik.com

Tak hanya dalam bentuk lagu atau pun cerita lain, ternyata jodoh pasti bertamu itu benar-benar ada, lho. Saya nggak akan percaya jika saya belum mendengarnya langsung dari Nona. Setelah 6 tahun berusaha move on dari pacarnya, Allah menghadirkan jodohnya untuk Nona. Bentuk ikhlas pada diri Nona membuahkan hasilnya. 

Di tempat kerja Nona, ada seorang kenalan yang tiba-tiba menanyakan perihal pernikahan. Bapak Jo bertanya kepada Nona, apakah hatinya available? Dengan rasa penuh tanda tanya, Nona tetap menjawab, bahwa memang dirinya saat ini tak mau pacaran, dan sudah siap untuk menikah. Lalu Bapak Jo memperkenalkan sosok laki-laki yang juga masih menyisakan tanda tanya. Ingatan Nona flashback pada waktu 13 tahun yang lalu. Ternyata sosok laki-laki itu adalah teman kantornya di tempat kerjanya yang dulu. 

Percaya atau tidak, dulu saat berteman di kantor yang lama, 13 tahun yang lalu, Nona dan laki-laki yang dikenalkan oleh Bapak Jo hanyalah sebatas kenal mengenal di kantor. Hanya sekadar say hello aja nggak pernah sedikit pun dekat bertemannya. Tapi ternyata Allah memiliki rencana lain yang indah bagi Nona. Saat ini mereka dipertemukan kembali, dan dalam status perkenalan menuju jenjang pernikahan. Wow, surprised!

Tanpa menunggu waktu lama, Bapak Jo ternyata sudah membuat setting perkenalan laki-laki yang ingin melamar Nona untuk datang ke rumah Nona. Bapak Jo bilang hanya ingin main. Hari perkenalan itu tiba, hanya saja Nona tak mengetahui bahwa hari itu laki-laki yang dikenalkan Bapak Jo akan langsung melamarnya. Keluarga Nona juga sudah diberitahu lebih dulu oleh Bapak Jo. Kali ini hanya Nona yang benar-benar tidak tahu dengan rencana Bapak Jo. 

Hati Nona campur aduk rasanya. Ngapain sih, pake main segala ke rumah, pikirnya. Karena keluarga di rumah tahunya Nona sudah tak ingin berpacaran lagi, dan Nona selalu bilang saat ini tak memiliki pacar. Seperti di film-film layaknya Ketika Cinta Bertasbih, tapi ini beneran, serius, nyata, Nona membuat minum untuk tamu yang datang di dapur. Saat sedang ingin mengantarkan minuman, saat itu pula laki-laki yang dikenalnya 13 tahun yang lalu itu berkata bahwa niatnya datang ke rumah adalah untuk melamar Nona!

Untung saja minuman yang dibawa Nona tak jatuh berserakan di lantai. Kalau ya, bisa malu sejagat raya. Minuman yang ingin diantarkan ke ruang tamu oleh Nona masih bisa tertahan di tanganya. Betapa terkejutnya Nona. Tak menyangka ada laki-laki gentle yang baru saja melamarnya. Hati wanita mana yang tak mau copot ketika namanya disebut dan ingin segera dilamar! Yup, jodoh pasti bertamu!

www.wattpad.com

Buktinya laki-laki yang dulu hanya dikenal sebatas teman kantor, namun ternyata datang melamar. Jika jalan yang Allah berikan sangat mudah, dan mereka sudah tahu berjodoh, mungkin saat dulu menjadi teman kantor mereka sudah menikah. Tapi Allah memiliki jalan cerita lain, dibuat berliku-liku namun akhirnya tetap happy ending. Masya Allah, indah banget, kan?

Saat ini Nona sedang mempersiapkan pernikahannya dengan laki-laki yang dikenalnya 13 tahun yang lalu. Jodoh itu misteri. Allah telah mengatur itu semua, rejeki dan jodoh. Allah sudah tuliskan di Lauhul Mahfuzh. Ketika diri sudah siap menurut Allah, maka jodoh akan datang dengan sendirinya. Dari jalan yang tak terpikirkan oleh kita sebelumnya, seperti kisah Nona tadi. 

So, bersabarlah dulu bagi yang belum menemukan jodohnya. Yakinlah Allah pasti akan berikan yang terbaik. Mungkin jodoh kita ada di dekat kita, atau bahkan jauh dari kita namun nantinya akan mendekat. Intinya, persiapkan diri dulu dalam rangka menjemput jodoh kita. Gimana jodoh mau bertamu, kalau tuan rumahnya belum siap menerima? 

#NulisRandom2015
#Day19

No comments:

Post a Comment