Blogger Widgets Assalamu'alaykum, Willkommen, 안녕하세요, Selamat datang di Blog Desy!

Total Pageviews

Sunday, June 21, 2015

Saturdate, Tantangan Menulis Duet

Hari Senin lalu, ada postingan iklan dari Gagas Media tentang acara Saturdate. Garis besar acara itu tentang kepenulisan. Pokoknya kalau ada acara tentang dunia tulis menulis, langsung heboh gitu, mau ikutan. Apalagi kalau gratis acaranya, pengen langsung daftar aja. Singkatnya, acara itu emang harus daftar terlebih dahulu. Karena hanya 30 orang aja yang bisa ikutan acara ini and free!!! Plus, yang menarik, ada tantangan menulis duet.

Photo by +Redaksi Gagasmedia  
Saat ingin daftar, saya rada bingung nih, sama kemauan panitia acara. Terbesit di pikiran, itu nulis duet harus bawa pasangan untuk menulis. Pasangan cewek apa cowok, pikir saya. Dan contoh dari Gagas Media itu penulis muda Mahar Pradana dan Nina Ardianti yang menulis novel duet berjudul "Sunset Holiday". Lihat dari nama keduanya yang nulis duet, berarti pasangan cowok dan cewek. Langsung aja saya sms ke contact person panitia acaranya, alhamdulillah bisa kalau pasangan duet nulisnya cewek. Kalau cowok, mau bawa siapa coba? Walaupun katanya yang belum punya pasangan nantinya bisa dicarikan pasangan, heheheh #kode

Saya sendiri ajak sahabat kece yang dulu sempat jadi teman nulis cerpen. Dulu jaman SD suka buat cerpen ala-ala juga bareng dia. Walaupun cuma buat iseng aja coret-coret catatan, apalagi kalau ada cerita yang menurut kami seru untuk ditulis. Langsung hubungi orangnya, minta data diri plus ukuran kaos. Lho, ngapain tanya ukuran kaos? Ternyata 10 pasangan pendaftar pertama bakal dapetin kaos keren Sunset Holiday dari Utees.me, it's free. Kami memesan kaos berukuran M, padahal dalam hati nggak yakin, pasti kegedean.

Saat hari H, udah janjian sama partner nulis duet. Bukan cowok yang pasti, menerima kenyataan saat ini harus cewek dulu (emot *ngakaklah). Acaranya di gedung perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman. Seinget saya yang pernah ke sana dan itu sudah jaman baheula, mungkin 8 tahun yang lalu. Tapi alhamdulillah, masih inget. Padahal saya sudah nggak lewat-lewat situ lagi, tapi ingatan masih melekat. Yup, gedung itu di sebelah Ratu Plaza Senayan setelah Gelora Bung Karno.

Photo by +Redaksi Gagasmedia  
Lagi puasa, tak menyurutkan niat kami untuk ikut tantangan menulis duet. Mau tahu juga novel terbaru dari penulis muda yang sangat produktif dalam menciptakan karya-karya. Setelah sholat Zuhur, kami langsung ke gedung perpustakaan dan mengisi daftar hadir plus ambil kaos yang dijanjikan untuk 20 peserta yang daftar lebih dulu plus hadir tentunya. Lalu duduklah kami berdua dan itu mungkin baru beberapa pasangan yang datang. Masih pukul 13.30 juga sih, kan acaranya sekitar pukul 14.00.

Acara pun dibuka oleh MC, dan diawali dengan perkenalan penulis duet plus sedikit bocoran tentang bukunya Sunset Holiday. Penulisnya asyik pembawaannya, Kak Nina yang ceria disandingkan dengan Kak Mahar yang agak kalem, cocok sih, jadi partner duet. Sunset Holiday secara garis besar, menceritakan perjalanan seorang cewek bernama Audi keliling Eropa. Dan di sana dia bertemu dengan seorang cowok bernama Ibi. Ibi yang baru saja bertemu Audi merasa terpikat dan langsung jatuh hati. Buktinya Ibi rela mengikuti itenary Audi dan bersedia menemani Audi keliling Eropa. So sweet...

Photo by +Redaksi Gagasmedia
Photo by +Redaksi Gagasmedia 
Setelah ngobrol-ngobrol tentang buku Sunset Holiday, masing-masing dari penulis membagikan ilmu tentang kepenulisan. Yang nggak dapat kesempatan untuk ikut acara kemarin, nih saya dengan senang hati membagi tips asyik membuat karakter fiksi dari Kak Mahar dan menulis duet yang dishare sama Kak Nina. So, check it out!

Creating Fictional Character
Oleh : Mahir Pradana

A reader lives a thousand lives before he dies. The man who never reads lives only one. -unknown
Ciptakan karakter yang BELIEVABLE sehingga orang merasa terhubung dan 'engage'.

Dalam menciptakan suatu karakter tokoh dalam sebuah karya fiksi bisa mempertimbangkan hal di bawah ini:

  • Karakter harus memiliki : Driving need, desire, ambition or goal.
  • Masukkan beberapa hal yang bisa menarik simpati/empati pembaca, seperti vulnerability. 

Write drunk, edit sober. -Ernest Hemingway

Menulis Duet
Oleh : Nina Ardianti

 Find someone who has

  • Similar sensibility
  • Complementary strength (saling melengkapi satu sama lain)
  • A writer that you respect (and vice versa) -> saling respek antar teman nulis duetnya.


Dari ketiga komponen tersebut dapat menciptakan sebuah Unique Richness (kekayaan yang unik).

> Trust your partner
> Tentukan tujuan bersama

Yang harus ditujui bersama, yaitu :
  1. Outline 
  2. Plot
  3. Karakter
  4. Pembagian tugas

Few ground rules 
  1. Ego, leave your ego at the door. Terbuka untuk berdiskusi satu sama lain.
  2. Responsibility, menulis dengan porsinya masing-masinh.
  3. Deadline
  4. Revisi, harus disetujui oleh kedua belah pihak.
  5. Payment, prosedur pembagian royalti
Teamwork = means never having to take all the blame yourself. 
Foto bersama peserta dan penulis. Tebak, saya yang mana? Hehehe (Photo by +Redaksi Gagasmedia )
Setelah materi yang dishare oleh mereka berdua, ada sedikit sesi tanya jawab. Lalu waktunya...
Tantangan menulis duet!!!

Pasangan nulis duet hanya diberikan waktu menulis Flash Fiction tema Holiday selama 30 menit. Wow, jujur kaget banget, nggak biasa nulis dengan waktu secepat itu. Dan saya itu lemah banget kalau disuruh nulis FF, duh, nyerah, deh. Akhirnya, saya dan pasangan nulis duet nulis yang ada di otak aja.  alhasil kalau sekarang baca karya kami berdua yang sangat simpel dan waktu sesingkat itu, jadilah kami akan tertawa. Nggak nyambung banget isinya. Jadi malu juga sih, sama Kak Mahar dan Kak Nina, mungkin mereka pusing kali baca karya kami. Dan pasangan yang menang telah ditentukan, lumayan ternyata hadiahnya dapat goodie bag dan buku terbitan Gagas Media, Schadeee (sayang banget)... saya dan pasangan nggak dapat dan cuma bisa ketawa ketiwi aja inget FF yang kami buat. Kocak... 

Pokoknya terima kasih untuk Gagas Media yang sudah buat acara gratis tapi bergizi itu. Ada pengalaman yang bisa diambil, tambah ilmu menulis lagi, plus dapet kaos gratisan juga, heheheh. Terima kasih juga untuk Kak Mahar dan Kak Nina yang sudah share ilmu menulis duetnya. Utees.me yang sudah jadi sponsor kaos Sunset Holiday serta Perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atas tempat untuk kami berburu ilmu menulisnya. Salam literasi!

#NulisRandom2015
#Day20

No comments:

Post a Comment