Blogger Widgets Assalamu'alaykum, Willkommen, 안녕하세요, Selamat datang di Blog Desy!

Total Pageviews

Sunday, October 26, 2014

10 Fakta Menarik Austria

www.google.at

Setelah menulis 20 fakta unik seputar Jerman, sekarang mau berbagi 10 fakta menarik negara Austria. Di mana saat ini saya tinggal di salah satu kota kecil nan indah di Austria. So, check this out!

1. Austria, ingat bukan Australia. Banyak yang sering bingung membedakan mana negara Austria mana negara Australia (aduh, di lihat lagi bola dunianya ya, hihihi big grin). Austria itu salah satu negara di Eropa (Österreich dalam bahasa Jerman) dan Australia ya di benua Australia.


2. Negara berkedaulatan Republik ini memiliki sembilan negara bagian federal. Yaitu 

  • Vorarlberg ibu kota Bregenz
  • Innsbruck ibu kota Tirol
  • Kärnten ibu kota Klagenfurt
  • Salzburg ibu kota Salzburg
  • Steiermark ibu kota Graz
  • Oberösterreich ibu kota Linz
  • Niederösterreich ibu kota St. Pölten
  • Wien ibu kota Wien
  • Burgenland ibu kota Eisenstadt
Saat ini saya tinggal di negara bagian Oberösterreich di kota Gmunden. Sekitar tiga puluh menit dari ibu kota Linz.

3. Negara yang terkenal dengan alamnya. Orang-orang di sini rata-rata suka banget sama hal yang berkaitan dengan natur. Biasanya mereka hobi jalan-jalan ke hutan, mendaki gunung, lari atau jogging, berenang di tepi danau jika musim panas dan kegiatan yang berhubungan dengan natur lainnya.

4. Austria dikelilingi oleh banyak pengunungan serta danau yang indah rupawan. Pegunungan Alpen salah satunya dan gunung tertinggi  yaitu Grossglockner setinggi 3.798 m dari permukaan laut. Danau yang paling terkenal yaitu Bodensee, danau penghubung tiga negara (Jerman, Austria dan Swiss). Danau terbesar di wilayah Austria sendiri adalah Traunsee seluas 24 km2. Nah, Traunsee ini membentang di kota tempat tinggal saya sekarang di Gmunden (promosi dikit, hehehe).
Traunsee di lihat dari atas pesawat, ini gambar hasil bidikan saya lho, hehehe

5. Karena banyaknya pegunungan, maka Autobahn (jalan tol) di Austria banyak yang melalui terowongan (tunnel). Tunnel di sini bahkan panjang sekali (bisa mencapai 10 km) karena perjalanan dari satu kota ke kota lainnya melewati banyak pegunungan. Tak heran pegunungan di sini banyak yang di bor untuk jalan tol.

6. Sama seperti Jerman, bahasa yang digunakan bahasa Jerman, tong sampah yang digunakan memiliki 4 jenis, hari Minggu semua toko tutup seperti mall, kecuali restoran atau tempat tangki bensin dan minimarketnya (sudah di bahas sebelumnya di postingan 20 fakta unik seputar Jerman klik di sini). 

7. Palatschinken merupakan makanan khas orang Austria. Ini adalah pancake yang biasanya di taburi dengan marmelade (selai roti) atau nutela. Apfelstrudel juga hidangan yang terkenal di restoran Austria sebagai hidangan penutup. Ini adalah kue apel yang dibalut dengan strudel atau adonan tepung lalu di panggang. Pokoknya enak banget deh. Oh ada satu wafer ternama merk asli Austria  Manner dan ciri khas kota Wien dengan menggambarkan gereja Stephanplatz di bungkusnya. Ini juga enak banget. eat
Palatschinken (www.kuechengoetter.de)
Apfelstrudel (www.austria.info)
Wafer Manner di depan Traunsee, hehehe

8. Tanggal 26 Oktober ditetapkan sebagai Nationalfeiertag di mana itu adalah hari kedaulatan negara Republik Austria sejak tahun 1955.
Ini di depan kantor Parlemen Austria di Vienna

9. Di Austria kota yang benar-benar “kota” adalah Vienna. Hanya di sana bisa ditemukan U-Bahn (kereta bawah tanah) serta ciri khas kota yang klasik dan elegan. Sedangkan kota lainnya adalah kota di mana sebagian wilayahnya sudah dikelilingi pegunungan. Yang belum baca postingan tentang Vienna, klik di sini

10. Tidak lupa bahwa Austria memiliki keistimewaan di bidang sejarah. Siapa yang kenal Mozart? Sang legendaris musisi ternama musik orchestra serta klasik itu lahir di kota Salzburg. Sampai saat ini masih sering diadakan konser musik Mozart di Wiener Konzerthaus tepatnya di kota Vienna. Atau pertunjukkan opera di Vienna State Opera. 

Semoga postingan tentang Austria ini bermanfaat ya bagi teman-teman yang belum tahu banyak tentang Austria. Alhamdulillah saya berkesempatan untuk menetap kurang lebih satu tahun di negara terkaya nomor 12 di dunia ini. Masyarakatnya ramah-ramah, baiknya kebangetan, hehehe. Saya malah nggak habis pikir, mereka yang mayoritas beragama Katolik Roma tetapi sangat menghargai saya bahkan kami (muslim dari negara lain) yang beragama Islam. Di sini tidak pandang bulu, mau anak keturunan kekaisaran atau bagi kita sering disebut keturunan darah biru, mereka tetap baik sekali kepribadiannya tidak membeda-bedakan sama sekali. Lain kali saya akan bahas sejarah dari keturunan keluarga asuh saya ya. Bagi saya sih menarik, nggak tahu yang lain, hehehe.

Hari ini juga bertepatan dengan hari kedaulatan Republik Austria, “Österreichischer Nationalfeiertag”.
Foto ini di ambil saat di perahu boat di kota Hallstatt, Austria
Liebe Grüße aus Gmunden,

Desy Alfiana

5 comments:

  1. Boleh tanya2 tentang au pair sis?
    Setelah baca blog sis desy saya jadi minat ikutan au pair

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru di balas. Boleh, silahkan ke email saya : saranghaeyodesy@gmail.com
      Terima kasih.

      Delete
  2. kak mau tanya apakah mendapatkan visa untuk study exchance mudah? karena teman saya waktu itu sulit mendapatkan visa untuk kuliah disana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting dokumen yang dibutuhkan untuk visa sesuai dan lengkap. Austria memang lebih ketat menerima orang asing (disipliner) maka apa pun yang diminta pada saat apply visa, usahakan ditaati. Semoga jawabannya membantu ya. 😊

      Delete
  3. kak mau tanya apakah mendapatkan visa untuk study exchance mudah? karena teman saya waktu itu sulit mendapatkan visa untuk kuliah disana..

    ReplyDelete