Blogger Widgets Assalamu'alaykum, Willkommen, 안녕하세요, Selamat datang di Blog Desy!

Total Pageviews

Sunday, January 19, 2014

Finally, foto juga di Tembok Berlin!!!

Tepat tanggal 26 Desember 2013 kemarin saya berangkat ke Berlin dari Aachen. Saya pergi dengan dua orang teman (yang di pos sebelumnya sudah saya ceritakan) dan beberapa teman lainnya dari stasiun Aachen Rothe Erde menuju Köln. Kenapa di Köln? Ya, kami total yang berangkat ke Berlin hari itu sebanyak delapan orang (klo ga salah sih segitu ya). Kami naik bis dari Köln menuju Berlin. Jadi kami dari Aachen harus ke Köln dulu untuk menunggu bis di pemberhentian bis khusus. Kami pesan tiket sudah dari jauh-jauh hari melalui online booking. Kami naik Flix Bus (nama bisnya) seharga 19 Euro. Bisnya termasuk bis bagus lho, gratis koneksi WiFi, trus bisa nge-cas hp juga lho, pokoknya nyaman banget. Tersedia juga makanan dan minuman, tapi yang ini nggak gratis alias kudu bayar, hahaha. Perjalanan dari Köln menuju Berlin di tempuh selama kurang lebih 8 jam. Lama juga ya, trus bisnya juga harus berhenti di Dortmund, di Hannover sama satu lagi saya lupa nama tempatnya. Jadi semacam istirahat dan barangkali ada yang turun disana atau ambil penumpang di setiap pemberhentian.

Susahnya kalo naik bis atau di perjalanan, saya paling rempong kalo soal buang air kecil. Ya, saya suka ga betah kalo ke toilet di dalam bis atau di kereta. Nah waktu istirahat saya manfaatin untuk ke toilet di stasiun kereta. Waktu itu berhenti di Hannover Haufbahnhof trus saya sama salah satu temen langsung ngacir ke stasiun kereta Hannover. Waktu itu sang supir bilang waktu istirahat sekitar 15 menit. Jadi kami ngacir buru-buru, karena lumayan jauh juga dari pemberhentian bis ke dalam stasiun. Hujan juga saat itu dan harus nyebrang beberapa lampu merah. Di toilet buru-buru banget, trus harus bayar 1 Euro untuk masuk toilet (mahal ya, hahaha). Trus tadinya mau sekalian jajan apa gitu, takut supirnya ngamuk (kayak di Indo kan gitu ya, supir suka marah-marah kalo kita lama, hahaha). Eh pas sampe bis udah ngos-ngosan, si supir malah masih makan (ampun, tau gitu tadi ga pake acara lari-lari).

Sekitar pukul 22.30 kami sampai di Berlin, di ZOB (Zentraler Omnibusbahnhof Berlin) tepatnya. Trus salah satu temen udah di jemput sama temen yang kamarnya mau ditumpangin. Nah saya dan salah satu teman harus pergi ke stasiun Ostbahnhof. Kami harus naik kereta (SBahn namanya) menuju Ostbahnhof dari Berlin Haufbahnhof. Oh iya selama di Berlin, saya 2 hari 1 malam mengikuti acara wintercamp. Ini salah satu acara anak muda dari mahasiswa mahasiwi muslim di seluruh Jerman kumpul semua di acara wintercamp ini. Nah acara itu dari tanggal 27-28 Desember 2013. Jadi malam 26 Desembernya numpang nginep di kosan teman, kebetulan dia salah satu panitia acara wintercamp. Dan hebatnya orangnya ga ada di kosan, dia lagi mudik ke Indonesia. Baiiiikkkkk banget orangnya, ramah banget lagi. Trus yang pegang kunci kamar dia itu ternyata teman kak Mawaddah yang dulu juga aupair di daerah deket Albstadt. Wah ga nyangka bisa ketemu di Berlin. Jadi total yang nginep di kamar itu ada empat orang. Sampe udah malem banget trus capek, jadi harus buru-buru tidur, karena paginya harus menuju tempat wintercamp.

Paginya kami berempat siap-siap ke lokasi wintercamp. Kami harus ke Wannsee bahnhof dari Ostbahnhof sekitar 20 menit (lupa, tapi kayaknya segitu deh). Sampai di stasiun udah banyak yang kumpul juga. Jadi kami bareng-bareng menuju tempat wintercamp. Nama tempatnya Jugendherberge di Wannsee. Ini semacam hostel untuk menginap gitu. Dan view di belakang hostel cukup keren lho, ada danaunya (makanya namanya Wannsee). Seru juga acara wintercamp selama dua hari itu. Saya jadi banyak kenalan. Ternyata di Jerman banyak banget orang Indonesia terutama yang muslim. Tapi sayang, acaranya bukan jaman saya lagi. Selain saya bukan pelajar di Jerman, trus umur juga udah ga cocok, hehehe. Itu acara memang cocok banget bagi yang baru masuk kuliah atau sedang Studenkolleg di Jerman. Saya mah udah bangkotan kali ya (bahasanya dah...). Tapi seneng juga jadi inget masa-masa kuliah di Bandung, hehehe. Saya bertemu dengan adik-adik yang sedang semangatnya menuntut ilmu dan belajar Islam. Trus bertemu salah seorang yang kebetulan aupair juga. Jadi kami banyak saling bertukar pikiran, share pengalaman masing-masing keluarga asuh.
Saya dan teman kelompok di Wintercamp Berlin 2013
Foto bersama peserta Wintercamp Berlin 2013, tebak saya ada dimana?hehehe (foto dari https://www.facebook.com/IWKZ.Berlin)
Setelah acara wintercamp, saya bingung mau menginap dimana. Niatnya sebelum kembali ke Aachen, saya sama teman yang tinggal di Aachen mau keliling Berlin dulu. Akhirnya kami kembali ke kosan teman yang malam sebelumnya saya menginap. Maaf ya J, saya numpang lagi. Tapi dia welcome dan baik banget, jadi nggak masalah. Trus pulang wintercamp saya dan dua orang teman sebelum ke kosan J, mau keliling malam sebentar di Berlin. Kami mau wisata kuliner nih, karena lumayan lapar juga abis acara. Jadi kami memutuskan untuk coba ke Nusantara (ini restoran Indonesia yang ada di Berlin). Saya dan teman yang di Aachen udah buat rencana mau beli makanan untuk di makan esok hari (pada saat perjalanan pulang dari Berlin ke Aachen). Kami pesan siomay bandung dan iga bakar. Lalu kami melanjutkan makan di restoran Turkey di Berlin (namanya saya lupa banget). Nah disini lucu, ada tragedi salah makan. Jadi kami makan pesanan orang lain. Kebetulan kami pesan ayam dan daging kambing. Tapi saat pesanan sudah di ambil, kami sempat ragu kenapa ini daging semua. Tapi kami yakin benar itu pesanan kami dan ga tanya lagi, lagipula saat ambil makanan, memang itu yang dikasih sama pelayannya. Kita sudah kelaperan juga saat itu, jadi kami bertiga langsung menyantap makanan tersebut. saat asyik makan, tiba-tiba salah satu pelayan menghampiri kami. Dia bilang itu bukan pesanan kami tapi pesanan orang lain. Ampun, kita makan udah enak-enak, lahap dan udah setengah porsi kita makan itu. Datanglah orang yang punya pesanan, ternyata teman saya satu kelompok di acara wintercamp. Ya udah kami langsung minta maaf dan akhirnya kami harus bayar biaya tambahan sekitar 3 Euro kalo ga salah segitu sih. Ya udah kita langsung lanjutin makan lagi. Walaupun saya jujur, jadi ga nikmatin banget dan itu pertama kalinya saya ke restoran itu, jadi saya langsung mikir yang ga oke banget deh. Kesan pertama langsung jeblok istilahnya.
di Restoran Nusantara

Pulang makan, kami harus ke mesjid Indonesia dulu untuk ambil koper. Ya, sebelumnya saya titip koper di mesjid biar pas makan ga bawa-bawa koper. Mesjidnya lumayan sih, trus jual makanan Indo, bumbu masakan, mie instant. Saya sempat beli beberapa bumbu masakan, maklum di Albstadt ga ada toko Indonesia. Trus kami langsung ke Berlin Haufbahnhof untuk kembali ke kosan teman di Ostbahnhof. Eh di kereta ada tragedi teman duduk di bangku kereta yang bekas ketumpahan bir, aduh, ada-ada aja ya. Jadi rok sama jaket dia bau bir deh, disangka akhwat abis mabok ntar, hehehe. Sampai di kamar, kita malah ngobrol-ngobrol, trus makan Iga bakarnya yang ternyata porsi nasinya untuk dua orang terbilang sangat amat sedikit. Untuk seorang aja sedikit itu ukurannya, lah ini untuk berdua dikit banget. Tapi kami asyik aja makan bertiga deh akhirnya, hehehe.

Tepat hari Minggu, tanggal 29 Desember 2013 saya dan teman yang di Aachen rencana sebelum pulang ke Aachen mau main dulu ke Brandenburger Tor, itu lho, Tembok Berlin. Iyalah, masa udah ke Berlin ga kesana, ya namanya ga ke Berlin itu. Jadi kita manfaatin waktu yang ada utuk foto-foto disana dan keliling-keliling sedikit di sekitar sana. Sayangnya hari itu kami harus hujan-hujanan. Dan memang cuaca lagi kurang bagus. Jadi begitulah adanya, kurang menikmati suasana banget deh jalan-jalan di Berlin.
di depan gedung parlemen Berlin

Sekitar pukul 12 siang kami sudah harus di Berlin Haufbahnhof, karena kereta menuju Aachen tepat jam segitu. Nah, lucunya, saya harus beli beberapa post card, ya saya sangat suka ngumpulin kartu pos dari berbagai kota di negara manapun yang saya kunjungi. Karena waktunya mepet banget, saya lari-lari ke toko souvenir. Temen udah duluan ke jalur kereta yang mau kita naikin. Nah koper saya di bawain sama temen yang satu lagi. Sudah beli kartu pos, saya bingung nih, jalur keretanya dimana. Untung teman saya udah siap siaga, dia telpon saya trus nunjukkin jalan. Saya udah lari-lari takut ga keburu masuk ke kereta (maklum disini jadwal ngepas banget). Sampai di jalur keretanya, saya langsung masuk ke kereta, dan kereta langsung jalan seketika. Alhamdulillah, saya keburu juga dan sudah ngos-ngosan banget. Cuma seru juga, jadi kayak di reality show gitu deh, hahaha.

Dan perjalanan kami tempuh sekitar 10 jam dari Berlin menuju Aachen. Biasa kalo naik kereta murah jadi harus umsteigen beberapa kali. Tapi alhamdulillah sekitar pukul 10 malam kami sampai di kosan teman di Aachen dengan selamat. So, tomorrow me and my friend go to Paris...!!! Yey, akhirnya... Itu saya ceritakan di pos selanjutnya ya.