Blogger Widgets Assalamu'alaykum, Willkommen, 안녕하세요, Selamat datang di Blog Desy!

Total Pageviews

Thursday, January 16, 2014

2nd Holiday in Europe = "AMBURADUL"

Di penghujung akhir tahun lalu, tepatnya Desember 2013, saya alhamdulillah dapat jatah liburan lagi selama dua minggu. Saya nggak akan menyia-nyiakan waktu liburan ini. Yup, it's time to explore Europe again!. 

Rencana saya kali ini udah bulat banget HARUS ke Paris, Perancis. Ga tau kenapa yang katanya orang-orang Eiffel bener-bener bagus dan Paris kota yang romantis, jadi saya ikut penasaran. Trus banyak yang bilang juga ga ke Eropa kalo ga ke Paris. Waduh....
So, saya dari jauh-jauh hari sebelum waktunya liburan, udah hunting tiket ke Paris. Trus udah tanya-tanya temen, barangkali ada yang mau kesana juga. Jadi kan ga sendiri (biar ada yang motoin pas jalan-jalan, hahaha modus!!!). Oke, cerita perjalanan saya di Paris nanti akan saya tulis di entri selanjutnya aja ya.

http://www.eramuslim.com
Selanjutnya selain ke Paris, saya masih bingung mau kemana lagi untuk tujuan liburan kali ini. Tadinya emang mikir mau ke Munich. Tapi temen yang tinggal disana ga bisa 'nampung' saya, katanya ke duluan sama temen yang lain. Jadi saya urungkan niat ke Munich. Tujuan selanjutnya saya mau ke Brussel, Belgia. Kata gastmutter saya Brussel bagus banget. So, penasaran dong saya... Tapi lagi-lagi bingung kendala untuk menginap (maklum harus bener-bener irit liburan kali ini, ga mau ke ulang waktu summer kemarin abis budget banget). 

Ga lama saya tanya ke salah satu temen, dia katanya pengeeeennnnn banget ke Paris. Trus dia juga baru aja sampe Jerman, tho belum pernah kemana-mana. Jadi dia bilang mau banget ke Paris karena itu salah satu impiannya untuk bisa kesana. Oke, kita udah saling kontak-kontakan dengan tujuan menyatukan visi dan misi ke Paris. Dia kebetulan juga aupair trus dia cerita ke gastmutter dia kalo dia mau banget liburan ke Paris. Dan gastmutter dia setuju dengan waktu yang kita udah sepakati juga yaitu pas akhir tahun, jadi rencana mau tahun baru-an di Paris (ceileee, gaya yak!). Ini juga atas kemauan bersama lho ya, ga ada salah satu pihak yang dipaksa atau terpaksa ikut, jadi intinya kita sama-sama mau. Karena saya udah cek tiket untuk ke Paris yang ternyata lumayan amat sangat mahal (nah lho bingung kan, intinya mah mahal) belum lagi penginapan n makan segala macem, jadi saya udah sempet nyerah juga. Soalnya nih temen pengennya yang bener-bener budget murah. Gak lama dia kasih kabar gastmutter dia nawarin ada tur travel di Jerman yang nyediain paket tur ke Paris pas tahun baru. Tanpa pikir panjang, saya ikut aja apa kata dia. Tapi disinilah letak kebodohan saya (aduh, malunya ngakuin itu *tutupmuka*). Saya terlalu mempercayai orang lain. Ternyata gastmutter dia udah nge-booking tiket untuk dua orang paket tahun baru ke Paris. Sekarang adalah waktunya untuk pembayaran dong. Nah, disinilah konflik terjadi. 

Saya dihubungi oleh teman saya katanya harus transfer uang muka ke pihak travel untuk memastikan keikutsertaan kita tur ke Paris. Saat itu saya lag bener-bener sibuk banget, jadi saya tanggepin oke nanti malam kita bicarain lagi (saat itu dia hubungi saya di siang hari). Selanjutnya beberpa jam kemudian dia hubungi saya lagi, bilang kalo gastmutter dia maunya dia balik ke Indonesia (memang saat itu dia ada konflik dengan host family dia, yang saya ga pikir panjang itu tuh yang ini). Sebenernya saya udah khawatir juga karena dia sedang ada masalah dengan host familynya tetapi dia tetep nekat mau pergi jalan-jalan. Cuma saya udah hilangkan perasaan khawatir saya karena dia bilang gastmutter dia juga meyakinkan kalo dia boleh pergi dan yang membuat saya percaya adalah ketika sang gastmutter membantu booking tiket kami (jadi saya ga salah juga dong, tho tetep khusnudzon sama beliau dan temen juga). Ternyata temen bilang gastmutter berubah pikiran saat itu. Akhirnya saya merasa kecewa juga, tho tiket sudah di pesan, kalo ga jadi pergi maka kita harus bayar pembatalan ke pihak travel. Oh My Godness... 

Sudah beberapa hari teman saya tidak menghubungi saya lagi. Sekitar tiga atau empat hari saya hubungi dia tidak bisa. Tiba-tiba setelah empat hari itu dia akhirnya memberikan kabar bahwa dia terbaring lemas di RUMAH SAKIT. Astaghfirulloh....
Sempet kaget plus lemes juga dengernya. Malah lagi ada pemesanan tiket yang harus di cancel, eh di saat yang bersamaan dia harus masuk rumah sakit. Dia sakit yang lumayan berat, sakit di bagian jantung serta paru-paru. Sempet koma juga beberapa hari. Yang saya heran dari percakapan dia selama di rumah sakit, dia merasa baik-baik aja. Atau memang mengalihkan penderitaan dia atau memang dia merasa lebih baik atau apa saya tidak tahu. Yang jelas saat itu yang tadinya saya ingin marah-marah karena harus cancel tiket tapi berbalik menjadi rasa iba terhadapnya.

Saat itu dia bilang, apa saya sudah menerima email dari gastmutter dia. Saya jawab belum, memang tidak ada email dari pihak travel atau gastmutter dia tentang masalah pemesanana tiket saya ini. Ga lama setelah temen kasih kabar, ada email masuk ternyata dari gastmutter dia. Oh ya, sampai saat itu saya belum tahu apakah tiket sudah dibatalkan atau belum. Yang jelas, tadinya saya berpikir, biar hanya teman saya saja yang tidak pergi, maka saya tetap pergi. So, I'm not canceled this packet tour. Tapi.... gastmutter dia sudah membatalkan tanpa bertanya kepada saya terlebih dahulu dan itu sudah dalam jangka waktu yang lama, saat di hari pertama teman saya masuk rumah sakit. Dan dia baru email saya dan isi emailnya sangat-sangat menyesakkan hati. Beliau berkata teman anda sekarang berada di rumah sakit. Saya sangat khawatir dengan teman anda, maka saya akan mengirimnya untuk pulang ke Indonesia. Saya akan membayar tiket pulang teman anda. Tetapi karena anda dan dia sudah memesan tiket ke Paris dan harus dibatalkan karena dia masuk rumah sakit, maka mau tidak mau harus membayar pembatalan tiket ini. Karena saya sudah membayar tiket pulang ke Indonesia untuk dia, maka saya harap anda mau membantu untuk membayar tiket pembatalan ini. Saat ini teman anda tidak punya banyak uang. What??? Saat itu saya rasanya lemas seketika. Oke kalau biaya pembatalan tiketnya hanya 10 Euro ga masalah. Tapi ini untuk berdua saja totalnya senilai 135 Euro. Coba aja kalo di Rupiahkan menjadi berapa juta? Belum liburan tapi udah harus ngeluarin uang sebesar itu. Memang saat itu saya juga tidak tega dengan teman saya, istilahnya bagi dia sudah jatuh tertimpa tangga. Dan benar adanya dia saat itu tidak punya banyak uang, ditambah dia harus measuk rumah sakit. Saya sempat terbesit untuk membayarkan biaya pembatalan dia separuhnya. Tapi saya kaji ulang, saya harusnya bisa terus lanjut jalan-jalan, tetapi kenapa saya harus ikut-ikutan cancel perjalanan ini. Akhirnya saya email langsung ke pihak travel, bahwa saya tetap pergi dan hanya teman saya yang membatalkan. Jadi saya pun akhirnya terdaftar kembali dan teman saya harus membayar pembatalannya.

Beberapa hari kemudian, teman ngaji saya disini hubungi saya. Katanya ada acara wintercamp di Berlin. Sebenarnya ini acara untuk mahasiswa mahasiswi muslim di Jerman. Tapi saya pikir saya belum pernah ke Berlin, jadi saya meng'iya'kan ajakan teman ini. Trus saya cerita ke dia bahwa saya ada masalah dengan teman pada saat pemesanan tiket ke Paris. Setelah cerita semuanya panjang lebar, dia bilang dia juga mau ke Paris sebenernya. Dia bilang mau menggantikan posisi teman yang harus bayar cancel itu. Jadi berniat membantu teman saya yang di rumah sakit itu untuk meringankan pembayaran biaya pembatalan (mulia ya niatnya, membantu saya dan teman saya yang sakit juga). Akhirnya saya seneng dong dengernya, tho jadi ada temen untuk ke Paris, trus temen saya yang sakit juga teringankan bebannya. Langsung saya hubungi teman saya yang di rumah sakit. Saya bilang ada teman yang gantiin kamu untuk pergi ke Paris, jadi kamu ga bayar pembatalan. Eh temen yang di rumah sakit malah kelamaan mikir, dia harus bilang gastmutternya dulu. Oke, saya tunggu keputusan dia. Singkat kata, akhirnya temen saya yang di rumah sakit cuma bayar 35 Euro. Karena pihak travel meminta biaya perubahan nama sebesar 35 Euro dan karena teman ngaji saya harus membayar biaya perjalanannya, maka kita sudah sepakat, yang membayar biaya perubahan nama adalah teman saya yang sakit. 

So, udah clear dong masalahnya? Ya udah beres sih, tapi.... Ga cuma sampai disitu aja keruwetannya, di setiap perjalanan saya kali ini, banyak sekali kejadian-kejadian aneh lainnya. Walaupun ga semuanya berjalan aneh sih, ada serunya ada menariknya juga. Nah, apa aja keanehan yang terjadi selama perjalanan kali ini? Nanti ya, saya bahas di postingan selanjutnya. 

 See you ^^
Albstadt Ebingen, Germany pkl 21.00 

No comments:

Post a Comment