Blogger Widgets Assalamu'alaykum, Willkommen, 안녕하세요, Selamat datang di Blog Desy!

Total Pageviews

Saturday, August 31, 2013

Kota Bersejarah "Dresden"

Setelah sebelumnya saya menulis perjalanan traveling ke Vienna, selanjutnya saya mau bercerita pengalaman saya jalan-jalan ke kota bersejarah di Jerman. Salah satunya adalah Dresden, ibu kota negara bagian Sacshen yang pada saat Perang Dunia II kota ini di bom oleh pasukan Sekutu dan pusat kota historis hancur. Dresden banyak sekali bangunan-bangunan kuno yang bernilai historis. Salah satunya Gereja Frauenkirche yang sempat terkena bom hancur lebur, tetapi di renovasi ulang sepeti bentuk awal pada jaman dulu sebelum perang.

Sebelum bercerita panjang lebar bagaimana liburan saya di Dresden, saya mau flashback perjalanan saya pulang dari Vienna menuju ke Dresden. Saya meninggalkan Vienna tanggal 5 Agustus dan melanjutkan perjalanan menuju Dresden. Kebetulan di Dresden saya akan bertemu dengan teman senior n numpang tidur di wohnungnya (red : tempat tinggal), hehehe. Saya berangkat dari Vienna pukul 13.00 di Bahnhof Wien Melding menuju Praha. Saya ada waktu sekitar 1 jam di Praha menunggu kereta untuk menuju Dresden Haufbahnhof.

Pukul 17.00 saya sampai di ibukota negara Republik Ceko, Praha. Asli, sampai di stasiun Praha saya cengo’ banget. Ya ampun, stasiunnya jadul banget, pikir saya waktu itu. Tapi memang ada nilai historicalnya sih, cuma nggak banget deh. Malah tulisan di stasiun bahasanya aneh, ya bahasa Ceko deh., tambah puyeng liatnya, hahaha. Karena ada waktu menunggu kereta menuju Dresden selama 1 jam, saya berniat keliling sebentar kota Praha. Pas saya turun ke dalam stasiun, nah ini baru oke, stasiun apa mall, termasuk baguslah, ya keliatan banget kalo ini lagi di luar negeri, hahaha. Tapi saya masih khawatir dengan jadwal kereta saya selanjutnya. Ya, saya belum tahu kereta tersebut ada di jalur berapa. Sambil mencari informasi, saya lanjutkan langkah kaki keluar dari stasiun kereta Praha menuju pusat kota. Belum sampai pusat kota, rasa khawatir saya bertambah.

Dengan membawa koper kecil dan ransel serta saat itu kondisi saya sedang berpuasa, saya nggak kuat deh untuk jalan-jalan sampai pusat kota. Alhasil saya cuma sampe pertengahan kota aja terus balik lagi ke stasiun Praha.

(Praha train station)

Sampai di stasiun Praha sudah mendekati waktu keberangkatan kereta selanjutnya menuju Dresden. Saya makin was-was, karena sama sekali nggak tau naik kereta yang mana dan di jalur mana. Sudah lihat jadwal kereta menuju Dresden dengan jam berangkat yang ada di tiket tapi nggak ada juga. Saya tanya ke penjual majalah di stasiun, tapi mereka nggak bisa bahasa Inggris. Mencari pusat informasi pun nggak ketemu, mungkin karena saya panik banget nih. Aduh, nggak lucu kan kalau saya ketinggalan kereta dan harus nginep di stasiun Praha. Ya ampun saya udah pucet, lemes, ketakutan banget. Akhirnya ketemu pak polisi, trus saya tanya jadwal kereta saya dengan nunjukin tiket saya. Eh pak polisi malah nyuruh saya ke pusat informasi dan malah nakut-nakutin saya kalau mau naik kereta harusnya stand by setengah jam sebelum keretanya berangkat. Duh, saya makin panik aja nih, gara-gara Pak Polisi bilang gitu jadi nge-down, (lebay). Nggak lama saya nemu juga tuh pusat informasi dan dia nyempil tempatnya deket agen pembeliaan tiket kereta, (uh, pantes aja nggak keliatan). Finally, kata bapak yang di pusat informasi, kereta saya ada di jalur 7 dan itu kereta menuju Berlin, alhamdulillah... Langsung deh saya buru-buru ke jalur 7 sambil nyeret2 koper kecil saya. Pas sampe di jalur 7, tet tot, ya ampun, dasar tiket kereta murah ya, keretanya rongsokan banget. Beda banget sama kereta dari Vienna menuju Praha, ber-AC dan oke punya deh pokoknya. Tapi ini nggak banget, keretanya kayak kereta ekonomi di Indo gitu, ya walaupun tetap bersih sih. Dan saya pastikan kembali kalau ini bener2 kereta menuju Dresden, saya tanya langsung ke Bapak petugas kereta, ternyata memang bener.

Kalo dipikir-pikir pas liat tiket saya, ngapain saya booking seat di kereta kayak gini, tho orang lain juga banyak yang seenaknya duduk dimana-mana. Kecuali pas dari Vienna ke Praha, saya beruntung booking seat, soalnya kereta penuh banget dan oke punya deh (jadi nggak nyesel). Eh ini taunya dari Praha menuju Dresden, pas saya sampe di nomer tempat duduk saya, ada sepasang muda mudi yang lagi pacaran (si cewek lagi ngambek n lagi dirayu sama sang cowok, hahaha :D). Duh, mau nggak mau saya harus duduk deket mereka, dan masih ada 3 bangku kosong di depan mereka, yang 1 jelas bangku yang udah saya booking. Mungkin karena mereka nggak nyaman ada saya, (yaiyalah, mereka nggak bisa pacaran, ada malaikat di depannya, hahaha), akhirmya mereka pindah tempat duduk, yes! Saya duduk sendirian deh, dan itu posisinya adalah seperti di dalam ruangan kaca ada 6 bangku, saya dipojok dekat jendela.

Saat berhenti di stasiun berikutnya, ada cowok yang duduk di sebelah saya. Dia ramah juga, dia tanya di sebelah saya ada orang atau nggak, saya jawab nggak ada, trus dia duduk. Saya baru inget, kalo saya belum sholat Zuhur dan Ashar. Langsung saya tayamum di kereta itu dan melakukan sholat dalam perjalanan Jamak Qashar Zuhur dan Ashar. Mungkin si cowok di sebelah saya heran kali ya apa yang saya lakukan di kereta, dia nggak tanya saya sih, cuma dia ngeliatin saya pas saya salam ke arah dia, (si mas2nya ganteng juga, hehehe :D). Tapi nggak berapa lama di stasiun masih di daerah Praha, dia turun. Trus dia sempet-sempetnya bilang goodbye ke saya, aduhhh jadi gimanaaaa gitu, hahaha.

Perjalanan masih panjang menuju Dresden, saya manfaatkan waktu untuk tadarus Al-Qur’an. Soalnya nggak bawa buku bacaan, so baca Qur’an aja deh, kan lebih banyak pahalanya, hehehe. Nggak berasa udah 2 jam perjalanan, tapi kok nggak nyampe2 ya, malah saya belum tau nanti dari Dresden Haufbahnhof ke alamat mana, parah dah. Akhirnya saya dapet telpon dari temen yang ngajak nginep di tempat temennya itu. Trus di sms transport menuju wohnung temannya. Ternyata kereta saya telat sampai Dresden. Sekitar pukul 9 malam saya sampai di Dresden Haufbahnhof. Dan alhamdulillah ya, jaringan internet saya normal kembali, karena sempet roaming pas di Vienna dan Praha.

Keluar dari Dresden Haufbahnhof, namanya juga orang udik, baru dateng ke kota lain di Jerman, saya harus naik metro menuju wohnungnya teman. Untungnya cuma 2 pemberhentian dari Haufbahnhof menuju wohnung teman. Dan akhirnya... ketemu juga tuh sama wohnung teman. Jadi teman saya yang udah senior ini punya teman di Dresden yang lagi kuliah master. Trus dia sewa kamar di gedung apartemen ini di Dresden. Trus saya disambut sama tumis kangkung, ikan semacam ikan asin, tapi bukan (bingung dah) dan sambel pedes cetar membahana. Alhamdulillah, bisa makan enak dan gratis, hehehe. Trus langsung deh cerita2 sama kakak2 ini gosip2 nggak jelas dan ngakak bareng, sampe kami pun tepar.

6 Agustus 2013.
Hari pertama jalan2 di Dresden, saya dan Kak Prila menelusuri kota dan sambil liat2 pusat perbelanjaan disini. Seperti biasa agenda utama kalo traveling ya foto-foto, hahaha. Dan Dresden menurut saya kota yang bagus, serta banyak nilai sejarahnya. Hanya saja kota ini sedikit membosankan, karena hanya bangunan-bangunan tua itu saja yang dilihat dan bagi mahasiswa yang menuntut ilmu, daerah ini cocok sekali untuk belajar. Saya dan Kak Prila sudah berkeliling melihat kota ini dan namanya juga cewek ya, kalo liat “Sale” pasti tergoda, jadilah Kak Prila shopping moment deh, hahaha.
Sekitar pukul 6 sore kita sampai wohnung Mbak Lena dan ternyata Mbak Lena masak tongseng, horeeee..... !!! Oya pas sampe rumah, udah kecapekan dan saya masih puasa saat itu, ternyata pas cek ke kamar mandi saya dapet (haid). Ya ampunnnn, udah mau waktu buka malah dapet segala, trus puasa itu tinggal 2 hari lagi, tanggal 8nya kan Lebaran. Tapi seneng juga, soalnya langsung bisa makan tongseng buatan Mbak Lena, yey, maknyos banget! Dan ini parah banget, yang masak siapa, yang makan siapa. Saya dan Kak Prila nggak puasa, Mbak Lena yang masak, tapi kita yang nggak puasa yang makan duluan, malah belum waktunya buka puasa tuh, hahaha (tamu ga sopan!). Asli tongseng Mbak Lena enak banget, mengobati rasa rindu tongseng di Indo, dan Mbak Lena niat banget, sampe bawa ulekan batu segala ke Jerman biar bisa bikin sambel yang oke punya, hahaha.

(PragerStrasse)

(kompleks Frauenkirche)

7 Agustus 2013.
Hari kedua di Dresden, karena lagi nggak puasa, bangun tidur kesiangan. Eh ternyata Mbak Lena nggak sahur, soalnya kebablasan, hahaha, gara2 makan tongseng yang maknyos, semua pada teparrrr... Dan hari ini Kak Prila mau ketemuan sama temennya orang Jerman dan mahasiswa juga di Dresden. Saya juga ikutan nimbrung aja deh sama mereka. Orang jerman ini umurnya seumuran ama saya, tapi badannya tinggi gede banget, hampir 2 meter, saya paling sepinggangnya dia, hahaha. Setelah ngobrol 2 jam, akhirnya kita berpisah. Trus saya dan Kak Prila lanjut menelusuri kota Dresden di hari terakhir puasa sama hari terakhir di Dresden juga. Ngomong2 soal puasa, iya nggak berasa banget, kalo hari ini hari terakhir puasa, dan besok udah Lebaran. Kalo lagi di Indo, malam ini tuh takbiran. Ahhhh kangen suasana takbiran di Indo. Abis magrib pasti udah rame takbiran.

Alhasil malam takbiran di Dresden, kita cuma ngobrol2 aja deh sambil denger takbiran dari laptop Mbak Lena, hahaha. Oya ada temen Mbak Lena juga orang Indo, baru beberapa bulan di Dresden. Namanya Mbak Ika, dia kuliah master juga di Dresden. Karena besok Lebaran, di tempat Mbak Lena bakal ada makan2 n kumpul bareng mahasiswa Indo. Dan Mbak Lena dapet tugas bikin sambal ati ayam, Mbak Ika buat rendang. Malam itu jadi pada masak2 deh. Tapi sayangnya, saya dan Kak Prila nggak bisa ikutan Lebaran di Dresden. Karena besok pagi kita harus berangkat ke Berlin menuju Greece.

8 Agustus 2013.
Semalem sempet sedih juga nggak bisa denger takbiran langsung dari mesjid. Dan hari ini pun juga baru pertama kalinya nggak Lebaran. Udah lagi nggak sholat Ied, nggak ngerayain Lebaran pula, dan nggak di Indo juga, duhhhh kangen banget sama suasana Lebaran di Indo, sedih juga sih.
Pagi2 udah siap2 berangkat ke Berlin, tamu Mbak Lena udah pada dateng, cowok gitu, mahasiswa juga kayaknya. Yang lucu pas saya dan Kak Prila mau berangkat dan pamitan sama mereka, salah satu cowok bilang ke Kak Prila, “udah gini doang? “Sambil nunjuk Kak Prila yang cuma pake tanktop dan rok celana mini, hahaha asli langsung saya, Mbak Lena dan Kak Prila ngakak. Soalnya saya dan Kak Prila bertolak belakang banget, yang satu pake jilbab, yang satu seksoy gitu, jadi si cowok tanya penasaran gitu. Trus Kak Prila jawab, “iya gini doang emang kenapa?”. Kata si cowok, gpp, (hahaha, kocak :D)

Sekitar pukul 6.20 kami bergegas menuju Dresden Haufbahnhof untuk menempuh perjalanan dengan kereta ke Berlin. Karena untuk ke Greece tepatnya ke Corfu Island, saya harus naik pesawat dan dari bandara Berlin Schonefeld. Itulah perjalanan mengunjungi kota bersejarah "Dresden", Jerman. Setidaknya saya pernah mengetahui bangunan-bangunan bersejarah yang pernah menjadi 'sasaran' Perang Dunia II dahulu kala. Perjalanan di Greece saya akan bahas di postingan selanjutnya yah.

Sempat sedih karena pertama kalinya tidak merayakan hari Lebaran, di negeri nan jauh di seberang, saya mohon maaf lahir batin atas perlakuan dan perkataan yang disengaja maupun tidak. Kesalahan mutlak dari diri saya pribadi dan kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Dari Dresden saya mengucapkan "Taqobballlahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, taqobbal ya kariimm"