Blogger Widgets Assalamu'alaykum, Willkommen, 안녕하세요, Selamat datang di Blog Desy!

Total Pageviews

Tuesday, March 13, 2012

Taman Persahabatan Indonesia-Korea

Wah, dilihat dari judulnya keren yah... Tapi sebenernya ini taman apa sih? Ok, disimak yah...

Taman ini terletak di Jalan Soetomo Surabaya Pusat, Indonesia. Taman persahabatan ini diresmikan yang ditandai dengan penandatanganan prasasti bersama antara Walikota Bambang DH dan Mr Kim, ketua Asosiasi Masyarakat Korea Selatan di Surabaya. Berdiri diatas lahan seluas 2000 meter persegi, dan mengeluarkan dana sebesar RP 600 juta, taman tersebut didedikasikan untuk 3000 lebih warga Korea di Indonesia yang sekitar 10 persennya ada di Surabaya. Taman ini didedikasikan sebagai ruang publik dan area hijau bagi warga Surabaya. Bentuk taman menggambarkan pertukaran budaya antarkedua negara. Di taman itu terekam budaya Korea dan Indonesia atau Surabaya.



Pembangunan taman tersebut atas kerja sama kedua negara. Pemerintah Indonesia menyediakan tempat, sedangkan pemerintah Korea yang membangun tamannya. Pemilihan tempat di Surabaya karena tim dari pemerintah Korea Selatan menilai dalam beberapa tahun terakhir Surabaya banyak menjalin kerja sama bilateral di berbagai bidang dengan negara ginseng ini. Di antaranya bidang pendidikan, perdagangan, pembangunan infrastruktur, dan kebudayaan. Penempatan lahan di Jl. dr Soetomo mempertimbangkan banyaknya penghuni warga asing di sepanjang jalan itu yang menjadi perwakilan negaranya masing-masing.

Wow, amazing yah... Jadi mau kesana, kan berasa ada di Korea tuh... Bangga juga deh sama negara kita sendiri yang berhasil untuk mengadakan kerja sama ini, patut diacungi jempol tuh. Salut deh sama Indonesia!

No comments:

Post a Comment