Blogger Widgets Assalamu'alaykum, Willkommen, 안녕하세요, Selamat datang di Blog Desy!

Total Pageviews

Wednesday, May 11, 2011

Bekerja Sama dalam Tim Membangun Tali Silahturahmi yang Baik

Nabi Muhammad SAW yang tercinta telah mengingatkan pentingnya bekerja sama dalam hadis ini:
" Seorang mukmin terhadap mukmin lainnya seumpama batu-batu bata yang membentuk sebidang dinding, saling menopang & mengokohkan satu dengan yang lain." Sambil mengatakan itu Nabi Muhammad mengatupkan kedua tangannya dengan jari-jari yang rapat terjalin. [ Al Bukhari ]

Mengapa Nabi kita yang terkasih menyebutkan dinding?

Pasti ada alasan mengapa Nabi kita menggunakan analogi sebidang dinding,,
dinding artinya sebuah stuktur yang terdiri atas lapisan-lapisan batu bata yang disusun menjadi 1.
Terdapat pepatah rusia bahwa kau tidak bisa membangun sebidang dinding dengan sebuah batu.
Sebuah batu tidak ada artinya, tetapi, begitu kita menumpuk sejumlah batu & membuat dinding, dinding itu kuat tak tergerakkan.

Jika kita ingin membangun sebidang dinding yang kuat & tinggi, aku yakin bahwa setiap lapisan batu bata di mana pun posisinya, adalah penting.
Coba saja, tanpa lapisan terbawah, batu-batu bata di bagian atas tidak akan ada. Keberadaan batu-batu bagian atas tergantung batu yang dibawah.
Jika lapisan batu terbawah tidak kokoh fondasinya, maka lapisan itu tidak dapat menopang lapisan batu teratas dalam waktu yang lama.

Nabi mengingatkan, " Siapa pun harus menolong saudaranya, apakah dia seorang penindas atau orang yang ditindas. Jika dia seorang penindas, larang dia menindas. Jika dia yang ditindas, maka tolonglah dia" [Muslim]

kita harus saling menolong.

jika kita tergabung dalam sebuah tim & salah 1 anggota tim membutuhkan pertolongan, apakah kita akan membantunya ataukah tidak?
ingatlah apa yang dikatakan Nabi. TOLONGLAH DIA.

Nabi kita tercinta dengan arifnya memberi nasihat: "Tak seorang pun dari kalian akan mencapai iman (yang sempurna) sampai dia menginginkan untuk saudaranya apa yang dia inginkan untuk dirinya sendiri" [ Al Bukhari & Muslim]

subhanallah! Nabi mengajarkan bahwa, jika kita memiliki sesuatu yang baik untuk dirasakan bersama-sama seluruh anggota tim kita, sesuatu yang akan mendatangkan manfaat bagi semua & membuat dinding kita lebih kuat, maka kita seharusnya ingin mereka memiliki sesuatu itu juga.

Dengan itu semua hubungan silahturahmi yang baik pun akan terjalin ...

No comments:

Post a Comment