Blogger Widgets Assalamu'alaykum, Willkommen, 안녕하세요, Selamat datang di Blog Desy!

Total Pageviews

Sunday, March 29, 2020

Umroh cuma 1,2 juta?

Gimana? gimana? Judulnya itu bener apa salah baca sih?
atau cuma halu?
Nggak salah kok guys, perlu buktinya?

Oke, aye ceritain ya.

Tebak, ini di mana hayooo? 💖

Begini ceritanya,

Kejadian ini udah sekitar 2,5 tahun yang lalu. Tapi ini pengalaman yang nggak bakal aye lupain seumur hidup, friends. Kenapa? Karena belum tentu aye dapat rejeki and undangan dari Allah lagi untuk ke sana dengan biaya yang amat murah, bahkan harga nyungsep.
Sekitar bulan Agustus 2016 lalu, lagi buka-buka Facebook (saat itu Facebook aye belum dihack, for your information, facebook aye dihack ya, jadi kalau ada yang mengatasnamakan Desy Alfiana di Facebook itu pasti bukan aye, nanti aye bahas deh soal Facebook yang dihack)

Ok lanjut lagi, pas buka Facebook, ada satu postingan di grup jalan-jalan gitu, ada yang dapat tiket murah ke Jeddah. MasyaAllah pas baca merinding, itu harga nggak main-main, murah banget pikir aye waktu itu.

Terus banyak yang komen, ada yang beruntung dapat juga, dan itu jumlahnya banyak loh yang dapat. MasyaaAllah ini Malaysia Airlines baiknya kebangetan yak, tiket ke Jeddah lebih murah daripada ke Raja Ampat. Suer deh!✌


Nggak lama masuk chat Whatsapp dari Ratih, isinya gini,
"Bu, ada tiket murah ke Jeddah. Bu, umroh yuk."
Ya ampun sehati sekata kan, langsung aye jawab,
"Iya bu, barusan aye liat di Fb banyak yang dapet."

Duh, pokoknya chat kita itu isinya berharap dapat itu tiket juga. Akhirnya mulai coba iseng buka halaman website Malaysia Airlines. Server down guys. Harap bersabar ceunah, jangan terburu-buru.
Coba lagi beberapa jam kemudian, cek pergi ke Jeddah dapat murah, eh baliknya mahal. Akhirnya kita pasrah sambil baca-baca komenan orang di Facebook grup jalan-jalan itu. Yang berhasil dengan tanggal yang sama udah rada banyakan. Terus ada yang koordinir gitu, kalau ada yang dapat tiket dengan tanggal yang sama, mereka jadi satu grup untuk berangkat ke tanah suci. MasyaaAllah, makin kepengen banget masuk daftar orang yang seberuntung itu bisa umroh murah meriah.

Sambil berharap , selang sehari atau dua hari setelah dapat info di Facebook itu. Aye dan Ratih ikhtiar juga tetap buka website. Pas sekitar agak malaman, menjelang jam 12-an kalau ga salah, Ratih nemu tuh tiket yang sudah pas deh harga murah dan tanggal juga cocok. Dan kita berdua sambil diskusi, ajak mama kita masing-masing seru kali ya, umroh sama-sama. Akhirnya share link, aye kebagian isi data tuh, masukin data aye n Ratih terus emak kita juga kan. Yang nanya emang emak kite berdua udah punya paspor? Jawabannya tentu saja.... belum punya! Iya emang belum bikin. Terus emang bisa? bisa dong, baca di komenan grup Facebook itu ada yang masukin no asal aja, nanti tinggal konfirmasi ke maskapai bahwa nomor paspor diubah. Begitu....

Terus kali ini beli tiketnya berhasil? hmmm, tidak semudah itu Angelica, pas mau ke pembayaran, ternyata tiketnya sudah habis. What??? Ya Allah, belum rejeki. Tapi karena masih nggak percaya, aye coba lagi. Ternyata masih ada itu tiket saudara-saudara. Lah kok iso tadi pas mau bayar untuk 4 orang ora gelem may may, (malaysia airlines maksudnya, wkwkwkwk), Ternyata eh ternyata, emang bukan rejeki emak kite berdua, pas aye coba masukkin dua orang, bisa guys, langsung tahap pembayaran!
Deg-deg ser, aye langsung chat Ratih.
"Bu, bisa nih, mana foto CC nya ya sama semuanya dah yang berhubungan untuk pembayaran CC."
"Bisa bu? Alhamdulillah, oke bu."
Langsung saudari Ratih kirim foto yang diperlukan terkait CC nya dia. Fyi, guys, Malaysia Airlines ini nggak nerima pembayaran transfer debit, cuma melayani Credit Card, Paypal etc. Gimanaaaa, gitu kan? Untungnya Ratih punya, itu juga kita langsung ditagih bulan depannya ya guys. Biar hati berasa plong nggak ada beban hutang terlalu lama. Oh iya, kepotongnya juga Malaysian Ringgit guys, tagihannya diconvert deh ke Rupiah.


Dan tiket ini tuh hanya dari Kuala Lumpur ke Jeddah terus baliknya Jeddah ke Kuala Lumpur. Lah, terus dari Jakarta ke Kuala Lumpur terus Kuala Lumpur ke Jakarta naika apaan? Naik buroq, hahaha kidding, naik maskapai berbeda ya, dan itu belum dibeli tiketnya. Pikir kita, nanti aja kalau semua sudah ready dari travel umroh, visa dan lain-lain.

Setelah drama masukin nomor CC dan tetek bengeknya, alhamdulillah, ticket confirm already!
Masuk ke email masing-masing bahwa nama aye dan Ratih ada penerbangan ke Jeddah bulan Januari 2017 guys. Itu artinya insyaaAllah, sudah ada secercah harapan untuk bisa ke tanah suci. Ya Allah, pas tau berhasil beli tiket tuh asli, legaaaaa banget. Perjuangan dari kemarin-kemarin membuahkan hasil. Periode umroh ini sekitar 8-9 hari, berharap ke depannya lancar-lancar aja sampai hari H tiba.
Eits, demi kemaslahatan umat, aye sama Ratih GTM dulu. Apa tuh GTM? Gerakan Tutup Mulut, lah itu mah anak yang nggak mau makan MPASI malihhh. Iya maksudnya kita berdua merahasiakan ini kepada siapapun. Termasuk mama kita masing-masing.





Kan ada jeda beberapa bulan tuh ya, menuju hari H keberangkatan umroh. Jangan dikira cuma tiket aja guys persiapannya, banyak ya yang perlu disiapin. Dan itu kita cicil kerjain satu-satu biar ga syok dan juga yang ga santai-santai banget. Mulai dari cari teman grup yang tanggal tiketnya samaan, pas udah nemu di komenan Facebook grup jalan-jalan itu, kami buat grup Whatsapp. Terkumpullah sekitar 11 orang. Dan ini jumlahnya masih terbilang sedikit ya, soale yang lain bisa mencapai 15-40 orang loh. Wah, mantap! Berasa kayak ikutan travel umroh biasa aja jadinya. Nah, untungnya itu jika anggota grup tanggal umroh samaan banyak, itu bayar ke travel umrohnya jadi lebih murah banget banget guys. Sayangnya, karena grup aye sama Ratih cuma 11 orang, jadi bayar ke agen travel umroh agak sedikit mahal dibandingkan yang anggota grupnya banyak tadi. Tapi tetap bersyukur aja sih, alhamdulillah, yang penting kan tiket udah di genggaman.


Terus apa aja sih yang perlu dipersiapkan menjelang hari umroh tiba? Apa aja yang perlu dibawa, visa kena berapa, dan lain-lain juga. Aye terusin di part selanjutnya ya, InsyaaAllah bermanfaat banget sampai tips cari agen travel umroh yang amanah plus murmer pakeeeee banget. Katanya umroh mandiri, kok pake agen travel juga? Nah itu akan aye bahas next ya. Doakan semoga rajin nulis blog terus selama #dirumahaja ini. Sambil terus doakan wabah covid-19 ini segera berakhir, doakan tim medis, kerabat, saudara, keluarga di mana pun mereka berada tetap sehat semuanya. Aamiin 


Share jika tulisan ini bermanfaat, terima kasih man teman....

The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams. – Eleanor Roosevelt

Jakarta, 29 Maret 2020 

No comments:

Post a Comment