Blogger Widgets Assalamu'alaykum, Willkommen, 안녕하세요, Selamat datang di Blog Desy!

Total Pageviews

Thursday, April 2, 2020

Umroh Murah No Abal-Abal

Siapa yang udah ga sabar nunggu part lanjutan postingan lalu?
Ya ampun, pede amat lu, Des. hahaha :D

Oke, tanpa ba bi bu lagi, aye lanjutin ya cerita tentang Umroh 1,2 juta-nya.

Nah, tiket sudah aman di genggaman nih ya. Lalu, gimana visa dan persyaratan lainnya? Berikut aye jabarin ya.


Dokumen apa yang diperlukan untuk Umroh?

  1.  Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Misal, paspor aye berlaku sampai dengan  tanggal 30 Desember 2020. Jika aye mau umroh tanggal 30 Juli 2020, maka aye tidak diperbolehkan untuk mengikuti umroh dengan paspor dengan tanggal expired tersebut. Kenapa? karena masa waktunya sudah terhitung 6 bulan sebelum tanggal expired. Maka harus perpanjang paspor dulu sebelumnya, so, pastikan masa berlaku paspor teman-teman belum expired. Kudu inget ya tanggal expired paspornya.
  2. Nama yang tertera di paspor minimal tiga suku kata. Contoh : Syarif Hidayatullah Samsul. Waktu itu aye dan Ratih namanya cuma dua suku kata. Jadi ngurus dulu ke kantor imigrasi (kantor imigrasinya harus yang sama saat buat pengajuan paspor dulunya ya, guys). Terus kalau namanya cuma dua suku kata, suku kata ketiga pakai nama siapa dong? Pakai nama Hyun Bin, hahaha 😂 pakai nama bapak kita masing-masing guys, jangan bapak orang lain ya.
  3. Yang pasti tiket pesawat dong, nah ini aye n Ratih udah ada guys, jadi pas cari agen travel umroh harus yang bisa menerima hanya untuk LA (Land Arrangement) saja.
  4. Foto berwarna 80% tampak kepala, 3x4 = 4 lembar, 4x6 = 4 lembar. Maksudnya 80% tampak kepala itu gimana? Jadi itu foto kita nantinya sangat amat jelas zoom in muka kita semua (ya masa muka mas tukang fotonya ya? wkwkwkwk)
  5. Akta nikah asli sebagai suami istri
  6. Akta lahir bagi anak usia dibawah umur atau bagi yang belum memiliki KTP
  7. Menyerahkan bukti vaksin meningitis, KK asli, KTP asli (optional sih kalau KK ya, tergantung agen travel umrohnya). Kalau vaksin meningitis ini harus suntik guys, caranya gimana? bentar sabar yak, nanti dijelasin di bawah.
  8. Bagi yang belum memiliki suami, wajib buat surat mahram. Nah, sebenarnya ini tidak untuk ditiru, memang wanita seharusnya pergi bersama mahramnya ya. ✌
    Tapi karena darurat, aye dan Ratih plus jamaah wanita lain yang masih single dan yang sudah bersuami tapi suami atau mahramnya berhalangan ikut umroh, maka mau tidak mau menggunakan surat mahram ini. Surat mahram ini beli guys, di agen travel umroh masing-masing, biayanya juga berbeda-beda.Waktu itu aye n Ratih bayar Rp 350.000,- per orang. 

bukti tranfer biaya mahram



Drama per LA-an (Land Arrangement Travel Umroh)

Apa itu LA? LA atau Land Arrangement adalah biaya hidup dan operasional kita selama di tempat tujuan. Biasanya meliputi penginapan (hotel, makan, transport, city tour, handling airport (pengurusan jamaah di bandara seperti koper, dll), air zam-zam 5 liter untuk dibawa pulang ke Indonesia). Di sini suliiiitttt banget cari travel umroh yang mau menjamin grup umroh aye yang berjumlah cuma 11 orang ini. Karena kami sudah ada tiket dan memang mencari travel yang murah meriah pokoknya sesuai budget kita saat itu.

Pertama aye dapat kenalan orang Lombok, beliau baiikkk banget, Beliau ini basecamp-nya memang di Mekkah. Jadi beliau sering bawa jamaah, tapi beliau bagian yang handle pada saat umroh. Jadi di Indonesia yang pegang kendali anak buahnya. Sebenarnya sama beliau enak travel dan beliau itu saking baiknya, aye dan Ratih diajak ketemuan di bandara Soetta sesaat sebelum beliau berangkat ke Jeddah (beliau transit dari Lombok ke Jakarta dulu). Sudah dijelaskan LA di travel umrohnya meliputi apa saja, dijelaskan secara detail. Pokoknya beliau bilang harga backpacker. Sepulang dari pertemuan itu aye laporan di grup WA umroh. Banyak yang mau, tapi ada satu yang masih mengganjal. Yaitu wajib beli perlengkapan umroh.

Karena pagi di weekday aye itu nganggur, hahaha kurang kerjaan emang. Aye sempetin mampir ke kantor travel umroh punya bapak yang waktu itu sudah didiskusikan. Sampai kantor travel, aye udah minta nego kalau di grup minta tidak mau beli perlengkapan umroh. Kenapa sih kita kekeuh ga mau beli perlengkapannya? Perlengkapan umroh itu seharga Rp 1.500.000,- isinya koper, bahan batik, name tag, stiker. Kita pikir, toh koper sudah punya masing-masing, terus baju umroh kita bisa janjian aja mau samaan warna apa. Emang kok kita otaknya pada ngirit semua, jadi hal-hal kayak gitu diperhitungkan banget.

Karena pihak travel mewajibkan, akhirnya kita mundur dari travel punya bapak Lombok itu. Aye jadi ga enak sama beliau. Aye bilang mohon maaf belum jodoh travelnya. Terus pakai agen umroh apa jadinya? Waktu terus berjalan, sudah bulan November, semakin dekat dengan jadwal umroh. Awalnya di grup ada yang kasih saran ke Abu Tours, tapi masih mahal banget di situ, padahal kami ga pakai tiket. Tanya ke teman yang kerja di travel umroh, same energy, harganya fantastis, sama aja kayak kita beli paket umroh plus tiket.

Finally..... lupa ini kenapa akhirnya terpilih ke MW (Menara Wisata). Oh iya, kenapa ga First Travel? Alhamdulillah dulu ga tertarik sama sekali dengan FT, mohon maaf. 🙏
Di MW, alhamdulillah cocok banget. Pertama, mereka menerima kami yang hanya 11 orang. Trus, di MW termasuk murah bagi kami ini. LA di MW termasuk, hotel bintang 3 dan 4 (ya namanya mau yang murah, ga mungkin bintang 10 guys, nyadar diri dah), transport bus, city tour, air zamzam pastinya. Bentar deh, makan ga termasuk ya? Seingat aye, makan dapat, tapi ga prasmanan, ya secara cuma 11 orang. Tapi berasa ekslusif ga sih? Tapi makannya ini juga cuma dapat berapa kali doang deh. Selebihnya kita malah kulineran, jajan sendiri ga deng sama yang lain n ustadz muthawif (ustadz pendamping jamaah umroh). Handling airport juga kita itu mandiri guys, ngurusin sendiri loh. Kecuali pas di Jeddah ya, pas sampai sana dan mau baliknya. Check in aja sendiri pas berangkat berdua Ratih dari Jakarta, pas di KL baru sama yang lain satu grup. Pas sampai di Jeddah baru dijemput deh.

Suntik Meningitis

Pas udah cocok agen travelnya, kami disuruh mengumpulkan berkas dokumen seperti yang tadi aye sebutin di awal. Salah satunya kan suntik meningitis. Suntik apa tuh? Jadi kita disuntik biar ada imun baik selama umroh berlangsung dan tidak terpapar penyakit apapun di sana (khususnya meningitis) sampai kembali ke Indonesia. Ini wajib dilakukan ya guys, biayanya dulu sih Rp 305.000,- per orang.
Mau suntik aja juga pusing guys. Kok gitu? Karena yang mau suntik banyak, jadi mesti daftar online gitu. Aye dan Ratih daftar online dapat antrian di KPP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Soekarno Hatta.  

Ada syarat-syarat yang harus dibawa pas suntik guys, apa aja tuh?

  1. Paspor asli dan fotokopinya
  2. Pas foto 4x6 sebanyak 1 lembar
  3. Kalau dulu aye dan Ratih jaga-jaga bawa fotokopi tiket keberangkatan umroh, karena suntik ini harus dilakukan maksimal 2 minggu sebelum tanggal umroh kita.

Sampai di KPP, kita ambil nomor antrian lalau mengisi formulir yang telah disediakan. Terus nunggu dipanggil cek dokumen, terus nunggu lagi untuk disuntik. Ini memakan waktu seharian guys. Setelah di vaksin, nanti kita dapat bukti untuk pembayaran, terus nunggu kartunya jadi deh.


kartu suntik meningitis
formulir pendaftaran suntik meningitis
Pas lagi daftar online suntik meningitis



Mendekati hari H keberangkatan

Setelah dokumen semuanya telah siap, aye dapat tugas yang mengkoordinir nih guys. Karena di anggota grup ada beberapa orang dari luar Jakarta. Terus, yang di Jakarta, weekday pada kerja. Jadi aye yang mengurus semuanya bolak balik ke MW di Depok. Makanya ini jadi inget banget alurnya daftar umroh mandiri. hahaha 🙈

Oh iya, jadi travel ini kan nanya tiket kami, karena tiket kami yang bareng itu berangkat dari KL, maka travel umroh juga berhak tau kami berangkat dari Jakarta atau kota masing-masing dengan bukti tiketnya diserahkan ke travel. Alamak.... aye n Ratih belum booking! wkwkwk santai banget ya udah minggu ke dua Desember loh. Maklum, masih cari tiket promo ndlosor. Akhirnya pilihan tiket CGK-KL naik Malindo, KL-CGK naik KLM, itu juga murah guys, PP 1,2 juta juga. Kenapa bisa sama ya? Dan sudah dapat bagasi ya. Jadi ga bingung koper ditaro di mana kan. Secara pulangnya bawa air zam-zam 5 liter.

tiket CGK-KL pp

Visa

Seingat aye, satu minggu sebelum keberangkatan atau 3 hari ya, pokoknya waktunya mepet banget, karena kepotong libur Natal dan Tahun Baru. Itu aye ke kantor MW ngambil paspor teman-teman satu grup. Terus kirim ke rumah mereka masing-masing. Ada yang kirim pake pos (ada yang volunter di Aceh cuma akses Pos Indonesia), pake jne, pake ojol.

Rasa deg-deg ser mulai muncul, karena visa sudah ditangan. Cuma masih ngurusin paket paspor yang belum sampai, terutama di Aceh. Alhamdulillah sehari sebelum berangkat, paspornya sampai, karena salah satu teman mau jalan-jalan dulu di KL. Terus kami diberikan list barang apa saja yang harus dibawa selama di Mekkah dan Madinah nantinya.
list barang yang harus dibawa 
jadwal selama umroh


Oh iya, kami ada juga manasik umroh, tapi yang hadir cuma beberapa orang plus bareng jamaah umroh lain yang beda tanggal keberangkatan. Kalau ga salah, manasik tanggal 3 atau 4 Januari 2017 deh. Kami kan ga beli perlengkapan ya, jadi kami hanya dapat buku panduan umroh, name tag kalung, tag koper dan slayer segitiga. Jadi untuk pengenal nama travel umroh aja sih. dan itu gratis dari travel ya. Kalau koper, kami pakai koper masing-masing dan ditambah name tag travel umroh. Trus baju selama umroh kita udah janjian warna hari ini warna apa, seru sih.

perlengkapan tempur :D


Anggota grup kami juga masih muda semua. Ada satu sih Bunda dan Ayah kami, mereka bukan suami istri, tapi yang paling dihormati karena lebih dewasa dari yang lain, tapi berjiwa muda loh. hahaha

Ga berasa ngetik udah lamaaaa banget. Maaf yang ini ternyata belum tuntas jalan ceritanya. Janji deh secepatnya aye selesaikan. Terima kasih sudah membaca blog ini. Bantu share jika bermanfaat.

I know that when I pray, something wonderful happens. Not just to the person or persons for whom I'm praying, but also something wonderful happens to me. I'm grateful that I'm heard.
--Maya Angelou

Jakarta, 2 April 2020 

3 comments: